Senin, 19 November 2012

PEDOMAN KEGIATAN PPL


PEDOMAN KEGIATAN PPL
MAHASISWA PRODI
PGSD, B. INGGRIS, MATEMATIKA, DAN KIMIA
KAFULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
TAHUN 2012
Peserta PPL
1.Mahasiswa semester 7
2.Sudah mengikuti KKM
3.Lunas adminstrasi PPL
Jadwal pelaksanaan PPL
Pelatihan dan pembekalan : 15 November
Observasi Sekolah            : 16-24 November
Persiapan PPL/Bimbinga     : 25 – 30 Nov
Pelaksanaan PPL        : 3  Des - 20 Januari
Ujian PPL        : 22 – 30 Januari
Laporan PPL                 : 1- 10  Februari 2013
Tempat KKM
1.SD di Kab. Cirebon
2.SD di Kota Cirebon
3.SD di Kab. Indramayu
4.SD di Kab. Kuningan
5.SD di Kab. Majalengka
6.SD di Kab. Brebes
7.SD di Kab. Tegal
8.SMP/SMA di Kab. Cirebon
Kelompok PPL
    Satu kelompok PPL berjumlah 10 0rang terdiri dari :
1.Ketua
2.Sekretaris
3.Bendahara
4.Anggota
  Pimpinan dan anggota kelompok ditentukan oleh masing masing anggota kelompok
PELAKSANAAN PPL
1.Tahap Perencanaan
Melaksanakn observasi di sekolah observasi KBM (kelas )
Menetapkan permasalahan pembelajaran bersama guru pamong
Penyusunan RPP dibimbing oleh Dosen pembimbing dan pamong
2. Tahap Pelaksanaan
Observasi sekolah
Kegiatan praktek pembelajaran
Kegiatan pengamatan atau observasi  KBM yang dilakukan oleh anggota kelompok maupun guru pamong
Ikut serta kegiatan sekolah : ekstra kurikuler di sekolah, upacara bendera, dan lain-lain.
 
3. Tahap Refleksi
Dilaksanakan setelah selesai praktik/pelaksanaan pembelajaran dan observasi
Dilaksanakan berdasarkan analisis hasil pengamatan dari para observer dan guru pamong
Dilaksanakan dalam bentuk diskusi, diikuti oleh anggota kelompok dipandu oleh guru pamong
.   Diskusi diawali oleh praktikan menyampaiakan kesan dan komentar mengenai kesulitan dan permasalahan yang dirasakan
Penyampaian tanggapan pengamat ditekankan pada kegiatan siswa
 
Penilaian PPL
1. Guru pamong menilai :
Peran serta mahasiswa dalam pembahasan RPP
RPP yang telah di revisi
Praktikan implementasi RPP di kelas
Peran serta mahasiswa dalam observasi pembelajaran
Peran serta mahasiswa dalam kegiatan refleksi
Kemampuan iterprsonal,seperti : kerjasama, kerajinan,  kedisiplinan,  tanggung jawab,  sopan santun
2. Dosen Pembimbing menilai pada komponen
Peran serta dalam kegiatan resedential, khususnya dalam kegiatan yang berkaitan dengan perseiapan PPL
RPP yang telah di revisi berdasarkan hasil pembahasan kelompok
Praktik  Implementasi RPP di kelas
Hasil observai dari setiap mahasiswa dalam pembelajaran
Peran serta mahasiswa dalam kegiatan refleksi
        - Kemampuan iterprsonal,seperti : kerjasama,
          kerajinan,  kedisiplinan,  tanggung jawab,  sopan santun
     - Laporan PPL
  Pedoman PPL akan dijelaskan lebih detail oleh dosen pembimbing PPL
TERIMA    KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar