PEDOMAN KEGIATAN PPL
MAHASISWA PRODI
PGSD, B. INGGRIS,
MATEMATIKA, DAN KIMIA
KAFULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
CIREBON
TAHUN 2012
Peserta PPL
1.Mahasiswa semester 7
2.Sudah mengikuti KKM
3.Lunas adminstrasi PPL
Jadwal pelaksanaan PPL
Pelatihan dan pembekalan
: 15 November
Observasi Sekolah : 16-24 November
Persiapan
PPL/Bimbinga : 25 – 30 Nov
Pelaksanaan PPL :
3 Des - 20 Januari
Ujian PPL :
22 – 30 Januari
Laporan PPL : 1- 10 Februari 2013
Tempat KKM
1.SD di Kab. Cirebon
2.SD di Kota Cirebon
3.SD di Kab. Indramayu
4.SD di Kab. Kuningan
5.SD di Kab. Majalengka
6.SD di Kab. Brebes
7.SD di Kab. Tegal
8.SMP/SMA di Kab. Cirebon
Kelompok PPL
Satu kelompok PPL berjumlah 10 0rang
terdiri dari :
1.Ketua
2.Sekretaris
3.Bendahara
4.Anggota
Pimpinan
dan anggota kelompok ditentukan oleh masing masing anggota kelompok
PELAKSANAAN PPL
1.Tahap Perencanaan
Melaksanakn observasi di
sekolah observasi KBM (kelas )
Menetapkan permasalahan
pembelajaran bersama guru pamong
Penyusunan RPP dibimbing
oleh Dosen pembimbing dan pamong
2. Tahap Pelaksanaan
Observasi sekolah
Kegiatan praktek
pembelajaran
Kegiatan pengamatan atau
observasi KBM yang dilakukan oleh
anggota kelompok maupun guru pamong
Ikut serta kegiatan
sekolah : ekstra kurikuler di sekolah, upacara bendera, dan lain-lain.
3. Tahap Refleksi
Dilaksanakan setelah selesai praktik/pelaksanaan
pembelajaran dan observasi
Dilaksanakan berdasarkan analisis hasil pengamatan dari
para observer dan guru pamong
Dilaksanakan dalam bentuk diskusi, diikuti oleh anggota
kelompok dipandu oleh guru pamong
. Diskusi diawali oleh praktikan menyampaiakan
kesan dan komentar mengenai kesulitan dan permasalahan yang dirasakan
Penyampaian tanggapan pengamat ditekankan pada kegiatan
siswa
Penilaian PPL
1. Guru pamong menilai :
◦Peran
serta mahasiswa dalam pembahasan RPP
◦RPP
yang telah di revisi
◦Praktikan
implementasi RPP di kelas
◦Peran
serta mahasiswa dalam observasi pembelajaran
◦Peran
serta mahasiswa dalam kegiatan refleksi
◦Kemampuan
iterprsonal,seperti : kerjasama, kerajinan,
kedisiplinan, tanggung
jawab, sopan santun
2. Dosen Pembimbing
menilai pada komponen
◦Peran
serta dalam kegiatan resedential, khususnya dalam kegiatan yang berkaitan
dengan perseiapan PPL
◦RPP
yang telah di revisi berdasarkan hasil pembahasan kelompok
◦Praktik Implementasi RPP di kelas
◦Hasil
observai dari setiap mahasiswa dalam pembelajaran
◦Peran
serta mahasiswa dalam kegiatan refleksi
- Kemampuan iterprsonal,seperti :
kerjasama,
kerajinan, kedisiplinan,
tanggung jawab, sopan santun
- Laporan PPL
◦
Pedoman PPL akan dijelaskan lebih detail oleh dosen
pembimbing PPL
TERIMA KASIH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar